Halaman Depan > Informasi Layanan IIN
Tanggal: 03 Sep 2018
Bagikan:

Hasil Survey Kepuasan Pelanggan Tahun 2017

Sehubungan dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Instansi Pemerintah serta dalam rangka Peningkatan Pelayanan Publik serta Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) di Badan Standardisasi Nasional (BSN), kami telah mengirimkan kuisioner terkait Kepuasan Pelayanan Jasa Issuer Identification Number (IIN) atau perbankan lebih mengenal dengan Bank Identification Number (BIN) sesuai ISO/IEC 7812 kepada seluruh pengguna Layanan IIN di Tahun 2017.

Berikut ini adalah grafik hasil kuesioner kepuasan pelanggan Layanan Jasa IIN Tahun 2017

Hasil kuesioner 2017

Pada tahun 2017 dilakukan perubahan sistem penyebaran kuesioner IIN, yang dahulunya kuesioner disebarkan kepada seluruh pengguna layanan IIN (3-5 tahun ke belakang) namun sejak tahun 2017 kuesioner disebarkan kepada pengguna layanan pada tahun berjalan. Dari 7 Kuesioner yang disebarkan (kepada pengguna layanan jasa IIN di Tahun 2017), terdapat 2 responden yang mengembalikan kuesioner tersebut (30%). Dari 13 pertanyaan, tidak ada nilai terendah dikarenakan telah dilaksanakan sosialisasi IIN dan penyebaran brosur kepada perbankan dan BPR yang belum memiliki IIN. Berdasarkan hasil diatas, didapatkan nilai IKP pelayanan jasa IIN Tahun 2017 sebesar 4.08

Berikut adalah grafik hasil Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) terhadap pelayanan IIN Tahun 2014-2017

IKP Tahun 2014-2017        

Nilai Interval:  
Buruk (1 - 1.8)
Kurang baik (1.8 - 2.6)
Cukup baik (2.6 - 3.4)
Baik (3.4 - 4.2)
Sangat baik (4.2 - 5)

 

 

 

 

 

Berdasarkan hasil IKP Tahun 2014-2017 diatas, nilai IKP tahun 2017 masih berada pada interval 'Baik' (3.4-4.2) dimana responden menyatakan setuju terhadap pertanyaan kuesioner pelayanan IIN. Hasil IKP tahun 2017 mengalami penurunan, hal ini dikarenakan adanya perubahan sistem penyebaran kuesioner. Dimana jumlah responden per tahun 2017 merupakan responden penerima IIN pada tahun berjalan.

Namun begitu, terdapat masukan/ rekomendasi dari pengguna jasa IIN yang telah ditindaklanjuti, yaitu Sekretariat telah mengembangkan Sistem Informasi Layanan Jasa IIN yang telah di launching sejak awal tahun 2018 dan mulai diterapkan untuk pendafaran aplikan sejak pertengahan Tahun 2018. Melalui penyebaran kuesioner ini, kami harap mendapatkan gambaran dan masukan mengenai pelayanan jasa IIN untuk dfapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kesekretariatan layanan jasa IIN di masa mendatang.